Bisnis  

Toyota Pertahankan Posisi Unggul sebagai Merek Otomotif Terbaik 2023 Menurut Interbrand

Toyota Pertahankan Posisi Unggul sebagai Merek Otomotif Terbaik 2023 Menurut Interbrand
Toyota Pertahankan Posisi Unggul sebagai Merek Otomotif Terbaik 2023 Menurut Interbrand

Bisnis,- Pabrik mobil asal Jepang, Toyota kembali memimpin sebagai merek otomotif terbaik versi Interbrand pada tahun 2023, mengungguli Mercedes-Benz, BMW, dan Tesla. Menurut laporan yang dirilis oleh Interbrand, Toyota berada di peringkat keenam dari 100 merek terbaik, sementara Mercedes-Benz menduduki peringkat ketujuh, BMW di posisi kesepuluh, dan Tesla berada di urutan ke-12.

Meskipun posisi Toyota tetap kuat, Interbrand menyatakan bahwa kinerja perusahaan dalam tahun ini dianggap stagnan, dengan sedikit perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Meskipun Toyota mempertahankan posisi puncak, kami melihat bahwa nilai merek otomotif hanya mengalami peningkatan 9% di tahun 2023, dan BMW pertama kali masuk dalam kelompok 10 besar,” ungkap Interbrand dalam keterangannya.

Interbrand juga memberikan sorotan pada performa Tesla yang dinilai memiliki perkembangan yang paling rendah dibandingkan merek otomotif lainnya. Elon Musk yang memimpin perusahaan mobil listrik tersebut hanya mencatatkan pertumbuhan 4% di tahun ini, sehingga posisi Tesla tetap pada peringkat ke-12, tidak mengalami perubahan dari pencapaian tahun sebelumnya.

“Garis perkembangan Tesla hanya mencapai 4% di tahun 2023, yang sangat kecil dibandingkan dengan pertumbuhan BMW yang mencapai 9,5%,” tambah Interbrand.

Selain Toyota, beberapa merek otomotif lain juga muncul dalam daftar 100 merek terbaik versi Interbrand. Honda berada di peringkat 27, Audi di posisi 45, Porsche di urutan 47, Volkswagen di peringkat 50, Ford di posisi 51, Nissan di urutan 63, Ferrari di peringkat 70, dan KIA di posisi 88.

Gonzalo Brujo, CEO Global Interbrand, menyatakan, “Setelah beberapa tahun pertumbuhan merek yang kuat, kami kini memasuki periode stagnasi, dengan pertumbuhan moderat dalam nilai merek secara keseluruhan pada tabel tahun ini.”