Berita  

Rapat Kerja Nasional: Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) 2023

Rapat Kerja Nasional: Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) 2023
Rapat Kerja Nasional: Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) 2023

Jakarta – Rapat Kerja Nasional Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) tahun 2023 resmi dibuka hari ini, menandai langkah signifikan dalam perbaikan kebijakan sektor lingkungan hidup di Indonesia. Dalam sepuluh tahun terakhir, berbagai tindakan korektif telah diimplementasikan untuk meningkatkan proses perijinan AMDAL, dengan tujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat seiring amanat Undang-Undang.

Rapat kali ini menjadi momentum penting untuk menyempurnakan instrumen yang diperlukan guna mendukung efisiensi proses persetujuan lingkungan.

“Kita semua tahu bahwa tidak mudah melakukan perbaikan ini. Untuk itu, sangat penting bagi kita semua bersama-sama menyempurnakan instrumen yang diperlukan, sehingga memadai untuk mendukung efisiensi proses persetujuan lingkungan,” ujar Siti Nurbaya Bakar, selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya menyampaikan harapannya agar Rapat Kerja Nasional AMDAL tahun 2023 dapat menghasilkan sinergi dan kolaborasi dalam transformasi persetujuan lingkungan. Tema rapat, “Sinergi dan Kolaborasi dalam Transformasi Persetujuan Lingkungan untuk Kemajuan Investasi Menuju Indonesia Maju dan Sejahtera,” mencerminkan tekad untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat investasi yang berkelanjutan.

Salah satu aspek yang menjadi sorotan adalah pempermudah proses AMDAL secara prosedural birokratis, yang diimbangi dengan tetap menjaga prinsip-prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan, sebagaimana yang ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009.

“Proses AMDAL akan dipermudah secara prosedural birokratis, namun prinsip-prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan akan tetap dijaga sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tambah Siti Nurbaya.

Dalam upaya mengoptimalkan pengawasan, dijelaskan bahwa terdapat gradasi pengawasan, dimulai dari memastikan kepatuhan terhadap standar hingga menangani masalah teknis. “Kita bangun antara kesederhanaan perizinan dengan pengendalian perizinan, itu yang menjadi bersenyawa,” lanjutnya.

Rapat Kerja Nasional AMDAL 2023 diharapkan dapat menciptakan langkah-langkah konkret untuk memajukan sektor lingkungan hidup di Indonesia, sambil menjaga keseimbangan antara kebijakan proinvestasi dan perlindungan lingkungan.