Berita  

KemenkopUKM Berbagi Cerita Meningkatkan Performa Rumah Produksi Bersama

KemenkopUKM Berbagi Cerita Meningkatkan Performa Rumah Produksi Bersama
KemenkopUKM Berbagi Cerita Meningkatkan Performa Rumah Produksi Bersama

Jakarta, – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) membagikan pengalaman menghadapi sejumlah kendala dalam melaksanakan program strategis Rumah Produksi Bersama (RPB). Diantara permasalahan utamanya adalah koordinasi antara 11 RPB yang dikelola oleh berbagai kementerian.

Ali, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok KemenkopUKM RI, menjelaskan bahwa sebagian besar kementerian belum sepenuhnya terlibat secara aktif di rumah produksi. Meskipun KemenkopUKM telah berupaya memberikan fasilitas alat produksi dan mendukung proses bisnis, tantangan koordinasi masih menjadi fokus perhatian.

“Kementerian yang terlibat dalam program RPB ini perlu turun secara aktif untuk mendampingi, khususnya dalam meningkatkan produktivitas bahan baku dari hulu hingga hilir,” ungkap Ali dalam wawancara dengan Pro3 RRI pada Kamis (23/11/2023).

Ali menegaskan perlunya keterlibatan kementerian dari awal proses produksi hingga pemasaran. Saat ini, Kemenko Perekonomian telah mengajukan dukungan dari kementerian terkait untuk membantu KemenkopUKM dalam memperbaiki koordinasi tersebut.

Program RPB diinisiasi oleh pemerintah sebagai respons terhadap keluhan dan tantangan yang dihadapi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Beberapa masalah yang diatasi meliputi kesulitan mencari nilai tambah dan seringnya dihadapkan pada tengkulak.

“RPB hadir sebagai solusi berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan mendorong proses hilirisasi agar pelaku usaha tidak hanya menjual produk dalam bentuk mentah,” jelas Ali.

Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan performa RPB dan memperkuat koordinasi antarlembaga terkait. Langkah-langkah konkret sedang diambil untuk memastikan partisipasi aktif dari berbagai kementerian dalam mendukung kelancaran program strategis ini.